oleh

Cara Mudah Melakukan Pengukuran Kemeja

Pengukuran Kemeja

Setiap busana yang baik selalu diawali dengan pengukuran yang akurat dan presisi, untuk menciptakan karya busana yang sesuai harapan, melakukan pengukuran badan pria dewasa sesuai standard ukuran orang Indonesia.

Tabel ukuran standard yang biasa di pakai sebagai acuan juga akan di sajikan berikutnya, untuk memudahkan dan memperjelas urutan langkah pengukuran akan di berikan penjelasan dan di sertai juga dengan dokumentasi foto.

Ukuran yang di sajikan pada materi pengukuran ini adalah ukuran standard dan hanya sebagai contoh saja, di harapkan anda melakukan pengukuran sendiri agar hasil busana yang akan anda buat bisa maksimal.

Dengan memakai ukuran anda sendiri, bisa mengasah kemampuan anda dalam melakukan pengukuran.

Alat utama yang di pakai untuk mengukur adalah pita ukur atau meteran standard yang banyak di gunakan oleh penjahit.

Pita ukur standard penjahit bisa di beli di toko-toko alat jahit manapun, dengan kisaran harga Rp. 7.500,- sampai dengan Rp. 20.000,-.

Pada busana kemeja pria, ada 7 langkah pengukuran yang harus di lakukan, ketujuh langkah pengukuran mewakili sebagian besar dari bagian-bagian pada busana kemeja yang nantinya akan kita jahit.

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara pengukuran kemeja yang harus di lakukan:

Panjang Kemeja

Ukuran ini adalah ukuran untuk panjang kemeja yang akan di buat, cara mengukur nya, letakkan ujung pita ukur pada pangkal leher bagian samping badan yang diukur, tarik lurus ke bawah mengikuti badan sampai dengan panjang kemeja yang di kehendaki.

Cara Mengukur Panjang Kemeja
Cara Mengukur Panjang Kemeja

Lingkar Badan Kemeja

Adalah ukuran melingkar pada badan terbesar dari subjek yang di ukur, cara mengukurnya adalah lingkarkan pita ukur lewat bawah ketiak, kira-kira pada badan terbesar, untuk kemeja ketat bisa di ukur pas, jika ingin longgar bisa di beri kelonggaran 1 cm.

Baca :  Cara Mudah Membuat Pola Lengan Jas
Cara Mengukur Lingkar Kemeja
Cara Mengukur Lingkar Kemeja

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru