oleh

Cara Mudah Membuat Pola Celana Panjang

Setelah membaca dan memahami tentang Model Celana atau Pantolan, maka berikut ini kami bahas pula mengenai dan bagaimana cara membuat pola celana panjang.

Di sini kita akan menyajikan bagaimana cara mudah membuat pola celana panjang dengan cara yang sederhana, sehingga mudah anda pahami, bahkan bagi pemula sekalipun.

Dan kita akan memberikan gambaran bagaimana membuat pola langsung pada kain, meski demikian, jika anda ragu untuk menerapkan langsung pada kain, silahkan membuatnya terlebih dahulu sebagai pola atau patrun (pattern) di media kertas pola.

Contoh Ukuran
1. Panjang celana        = 95 cm
2. Lingkar pinggang   = 72 cm
3. Lingkar panggul     = 90 cm
4. Lingakar pisak       = 66 cm
5. 1/2 lingkar paha     = 30 cm
6. 1/2 lingkar lutut      = 23 cm
7. 1/2 lingkar kaki      = 20 cm

Ukuran di atas hanyalah sebagai contoh saja, anda bisa mengganti dengan ukuran anda sendiri, tapi ya ukur dulu ya untuk siapa celana ini….ya ukur pada pada fisiknya.

Cara Membuat Pola Bagian Depan

Langkah pertama: 
Membuat pola celana panjang bagian depan  yang akan kita lakukan adalah membuat garis untuk menentukan letak atau titik lingkar pinggang, paha, lutut dan kaki. Anda perhatikan gambar di bawah ini :

Garis: (1). Kita buat di tepi kain

(2). Kemudian buat garis  panjang celana 95 cm dikurangi 3cm (untuk Ban) = 92 cm

(3). Dari (1)  lingkar pisak 66 cm : 3 + 5cm = 27 cm di kurangi 3 cm (untuk Ban) = 24 cm

“Atau dengan cara yang lebih praktis, lihat di pita centimeter (meteran), biasanya terdapat dua sisi yaitu: sisi satu nilai ukur cm dan yang satu sisi lagi adalah Inchi, kita lihat di centimeter 66 di sisi sebaliknya adalah 26, lalu kita tambah 1 cm = 27 cm dan kurangi 3 cm (untuk Ban), hasilnya sama = 24 cm.”

Baca :  Pantalon Sistem Aldrich

(4). Garis (1) – (4) = tengah-tengah antara (3) dan (2) naik 7 cm.

Langkah kedua:

Kita akan buat tanda “titik” dulu yang nantinya akan kita hubungkan.

Garis (3)

1. Titik A masuk 3 cm dari tepi kain

2. A ke B = setengah lingkar paha = 30 cm di kurangi 3 cm. = 27 cm, kita ambil titik tengah antara A dan B dan buat titik yang sama pada garis (1), (2) dan (4), kemudian  kita hubungkan semua titik dengan garis lurus, garis tengah ini yang nantinya kita gunakan sebagai poros lingkar lutut dan kaki.

3. A ke B1 = 1/4 lingkar pinggul 90 cm : 4 = 22.5 cm

4. B1 ke B2 mundur 3 cm.

Garis (1)

1. Titik C ke D adalah sama dengan titik A ke B2
2. D ke C1 = 1/4 lingkar pinggang di kurangi 1 cm

Garis (4)

Titik E ke F = 1/2 lingkar lutut = 23 cm di kurangi 2.5 = 20.5 cm garis tengah sebagai poros

Garis (2)

Titik G ke H = setengah lingkar kaki = 20 cm di kurangi 2 cm = 18 cm garis tengah untuk poros.

Langkah ketiga:

Di langkah ke tiga ini kita tinggal menghubungkan garis dari titik yang telah kita buat tadi…caranya lihat seperti tampilan gambar di atas. Dari titik D ke B1 tarik garis lurus, dari D ke B kita ikuti garis tadi dan sebelum sampai ke titik B1 buat melengkung menuju B. Kemudian dari B ke F sedikit melengkung di ujung B lanjut dari F-H-G-E tarik garis lurus.

E-A-C buat melengkung membentuk garis pinggul dan garis lurus dari C ke D. Selesai membuat pola bagian depan selanjutnya kita tinggal membuat garis untuk golbi. Untuk membuat golbi kita tinggal menambahkan dari D ke D1 sekitar 4 cm dan turun menyesuaikan kerung pisak..(tidak sampai melewati garis lengkung).

Baca :  Langkah Mudah Membuat Pola Celana Pria

Untuk tanda saku dari C1 masuk 4 cm dan turun sekitar 17 cm. Pola depan sudah jadi, tinggal kita potong, lebihkan 1,5 cm keliling untuk kampuh jahitan, kecuali bagian kaki, tambahkan sekitar 4-5 cm untuk lipatan.

Langkah ke empat:

Membuat Pola Celana Panjang Bagian Belakang

Setelah kita potong bagian depan selanjutnya kita gunakan pola tadi untuk patokan membuat pola celana panjang bagian belakang, posisikan pola bagian depan seperti pada gambar di bawah ini.

Garis (1)-(2)-(3)-(4) masih kita butuhkan, tentunya setelah di potong garis tersebut juga ikut terpotong, untuk itu kita tambahkan lagi garisnya di sisi kiri dan kanan, terutama pada paha, lutut dan kaki.

Kita mulai saja proses pembuatan pola belakang, kita mulai dari yang termudah.

1. Garis kaki (2) tambahkan ke samping kanan dan kiri 2 cm.
2. Garis lutut (4) tambah ke kanan dan kiri 2.5 cm
3. Garis paha (3) tambah kanan dan kiri 3 cm.
4. Garis pinggang (1) dari C1 ke C = 6 atau 7 cm, disini saya tambahkan 6 cm. Selanjutnya kita hubungkan dulu semua titik yang telah kita buat tadi.
5. Dari C ke D adalah 1/4 lingkar pinggang di tambah 1 cm
– Tambah lagi 2 cm untuk kupnat (pria)
– Tambah lagi 3 cm untuk kupnat (wanita)

Jika sudah, sisihkan dulu pola celana bagian depan untuk mempermudah proses selanjutnya, yaitu membuat kerung pisak, kupnat dan kantong belakang untuk celana cowok, jangan lupa garis paha di hubungkan lagi, lihat gambar di bawah ini :

Pekerjaan kita membuat pola celana panjang bagian belakang hampir selesai.

1. Dari C ke E turun 17 cm untuk batas pinggul, tarik garis lurus ke F.
2. Dari E ke F adalah 1/4 lingkar pinggul = 90:4= 22.5 cm di tambah 1 cm = 23.5 cm
3. Tarik garis lurus dari D melewati titik F, (lihat garis warna hitam)
4. Kita tinggal menghubungkan garis lurus dari D ke F di lanjutkan garis lengkung dari F ke G.

Baca :  Apa Itu Pleats Pada Celana Pria?

Selesai, sudah tinggal membuat garis kupnat dan kantong belakang saja lagi, tinggal kasih tanda saja, buat tanda kupnat sama kantong belakang untuk pria, karena kalau untuk wanita biasanya tak pakai kantong belakang.

Untuk celana pria biasanya kupnat cuma saya kasih lebar 2 cm dan panjang kupnat 6 atau 7cm saja, karena hanya di pas-kan sampai batas kantong/saku belakang.

Titik tengah-tengah antara titik dan kemudian kesamping 2 cm dan kebawah 7 cm.

Untuk wanita caranya sama, hanya beda di lebar sama panjang kupnat, jika sudah di kasih tanda, tinggal kita potong saja, caranya seperti pada bagian depan, jangan lupa tambahkan kampuh untuk jahitan keliling kurang lebih 1.5 cm dan bagian bawah lebih lebar sekitar 5 atau 4 cm karena di gunakan juga untuk lipatan.

Nah yang terakhir tinggal bagi sisa kain dari potongan pola celana bagian depan dan belakang untuk ban, lapisan kantong depan dan saku bobok belakang juga golbi, caranya di kira-kira sendi saja ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru