oleh

Desain Motif Batik Tanah Liek

Motif-motif Batik Tanah Liek

Desain motif batik Tanah Liek didesain pertama kali dengan menggunakan kertas desain motif, dengan cara ini perajin berusaha menempel motif utama ke atas kertas minyak yang menjadi kertas desain batik Tanah Liek.

Motif Rumah Gadang Batik Tanah Liek
Motif Rumah Gadang Batik Tanah Liek

Motif Batik Tanah Liek didesain secara manual sesuai ide perajin yang masih bersumber kepada fauna, flora dan motif alam benda, desain motif merupakan konsep pemikiran perajin, motif batik Tanah Liek hasil kreasi perajin yang dipadukan antara motif flora, fauna dan alam benda, hal itulah yang membuat batik Tanah Liek sangat diminati oleh konsumen, akan tetapi motif batik ini sampai saat ini belum dipatenkan.

Motif-motif yang terdapat pada batik Tanah Liek sangat erat kaitannya dengan lingkungan sekitar berupa tumbuh-tumbuhan, hewan dan terutama motif ukir Minangkabau, motif yang dibuat banyak dari bentuk bunga, daun dan tangkai, dan hewan hanya beberapa seperti motif Burung Balam merupakan sejenis burung Tekukur yang banyak dijumpai di wilayah Sumatra Barat.

Batik Tanah Liek Di Dharmasraya Sumatera Barat
Batik Tanah Liek Di Dharmasraya Sumatera Barat

Dalam mendesain bentuk motif, para perajin berkreasi dalam menciptakan bentuk motif baru, mereka mengkombinasikan bentuk alam, motif-motif Minangkabau, tumbuh-tumbuhan.

Dan sering juga para perajin memanfaatkan motif-motif yang sudah dibuat sebelumnya dengan cara mengembangkan motif tersebut sesuai dengan kreativitas perajin.

Desain adalah suatu konsep pemikiran untuk menciptakan sesuatu melalui perencanaan sampai terwujutnya barang jadi, sebelum proses pembatikan, dilakukan pembuatan desain terlebih dahulu, dalam pembuatan desain adakalanya desain-desain baru yang dibuat berdasarkan kepada desain yang sudah diciptakan sebelumnya, selain itu juga diciptakan motif baru berdasarkan kreatifitas pengrajin.

Ide dan gagasan dalam mengembangkan maupun menciptakan motif-motif baru diambil dari alam berupa tumbuh-tumbuhan, binatang dan alam benda.

Baca :  Jenis Batik Menurut Teknik Dan Asalnya

Bentuk motif pada batik Tanah Liek terdiri dari flora dan fauna, sumber bentuk dapat disebutkan seperti bentuk alam, bentuk yang diciptakan oleh kreativitas manusia, dan bentuk yang terjadi karena bantuan pemakaian alat, sebab bentuk dapat dibedakan antara bentuk geometris (terukur dan beraturan) dan bentuk organis (tidak terukur dan bervariasi).

Jika dihubungkan dengan pendapat di atas maka pada bentuk motif batik Tanah Liek sudah tercakup didalamnya karena tumbuhan yang ada di alam di kembangkan menjadi sebuah bentuk desain batik Tanah Liek.

Sarung Batik Tanah Liek

Dalam proses mendesain bentuk motif pada batik Tanah Liek dilakukan dengan memperhatikan ide dan konsep, beberapa motif pada batik Tanah Liek yang terdiri dari: motif Tabuik, motif Balam, motif Jam Gadang, motif Bungo Melati, motif Kaluak Paku, motif Rumah Gadang, motif Rangkiang, motif Bungo Rayo, motif Siriah Gadang, motif Bungo Pinang.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru