oleh

Fungsi Seni Bordir Komputer

Tentang fungsi-fungsi seni yang sudah berlangsung sejak zaman dahulu, di
antaranya adalah untuk memuaskan, diantaranya adalah :

(1) Kebutuhan-kebutuhan individu kita tentang ekspresi pribadi,

(2) Kebutuhan-kebutuhan sosial kita untuk keperluan display, perayaan dan komunikasi, serta

(3) Kebutuhan-kebutuhan fisik kita mengenai barang-barang dan bangunan yang bermanfaat.

Sebagai salah satu bentuk pengembangan usaha bordir komputer, maka jenis produk bordir komputer menjadi sangat kompleks, terutama untuk benda-benda yang mempunyai nilai guna.

Desain Motif Bordir Menggunakan Wilcom

Dalam penciptaan produk yang mempunyai nilai fungsional, maka faktor kegunaan dan faktor estetis suatu produk menjadi prioritas utama sebagai daya tarik, sebab karya yang memiliki nilai fungsional yang tepat dan kualitas estetik yang memadai akan membangkitkan minat serta selera pasar.

Produk seni bordir komputer juga mampu memenuhi fungsi-fungsi tertentu untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, tidak saja bagi
masyarakat yang ada di daerah dan sekitarnya, namun juga bagi masyarakat di luar daerah.

Fungsi seni menjadi tiga bagian, yaitu fungsi personal (personal function of art), fungsi sosial (the social function of art) dan fungsi fisik (physical function of art).

a. Fungsi Sosial Seni Bordir Komputer

Adapun fungsi sosial yaitu :

1) Karya seni itu mencari atau cenderung mempengaruhi perilaku kolektif orang banyak,

2) Karya itu diciptakan untuk dilihat atau dipakai (dipergunakan) khususnya dalam situasi-situasi umum, dan

3) Karya seni itu mengekspresikan atau menjelaskan aspek-aspek tentang eksistensi sosial atau kolektif sebagai lawan dari bermacam-macam pengalaman personal maupun individu.

Dari jenis produk seni bordir komputer yang dihasilkan, adalah untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, diantaranya berupa produk busana, mukena, benda-benda fungsional maupun barang cenderamata.

Fungsi seni yang digunakan pada situasi umum adalah merupakan produk yang digunakan pada acara-acara tertentu, seperti misalnya pada upacara adat perkawinan.

Seni bordir komputer menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat untuk dikenakan pada upacara adat, selain itu teknik bordir komputer juga digunakan oleh pegawai pemerintah yang diterapkan pada busana kerja.

Hasil Bordir Komputer

Tentu saja hal tersebut berupa instruksi dari pemerintahan daerah setempat.

b. Fungsi Fisik Seni Bordir Komputer

Fungsi fisik seni bordir adalah suatu karya seni yang beroperasinya objek-objek yang dibuat sesuai dengan tujuan tertentu.

Seni bordir komputer memiliki fungsi fisik dikarenakan kegunaannya, antara wujud dan daya tarik penampilan suatu karya sangat diperlukan.

Fungsi fisik bordir komputer sebagai produk kerajinan, adalah segi estetik dan nilai kepraktisan karya yang dihasilka.

Seni bordir komputer secara fisik, digunakan untuk kebutuhan praktis dalam kehidupan sehari-hari, bordir komputer ini benar-benar merupakan karya seni yang berorientasi pada kebutuhan fisik (fungsional), selain keindahannya yang tetap diutamakan.

Mukena Bordir Komputer

Setelah seni bordir komputer mengalami perkembangan, menjadikan produk menjadi lebih beragam dengan bentuk dan fungsi praktis.

Di antaranya adalah busana pria dan wanita, kerudung, mukena dan perlengkapan interior maupun cenderamata.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru