oleh

Gaya Seni Bordir Komputer

Gaya, corak atau langgam yang dapat di sejajarkan dengan istilah Inggris style adalah modus berekspresi dalam mengutarakan sesuatu bentuk, artinya gaya, corak atau langgam ini berurusan dengan bentuk luar sesuatu karya seni.

Berkaitan dengan hal tersebut Nasbahry memaparkan, style atau gaya adalah sebuah kekhasan (distinctive) dan atau identitas, identifikasi (identifiable) dari bentuk (form) pada medium artistik, seperti halnya seni bordir komputer.

Sementara itu, menjelaskan bahwa gaya seni akan di pengaruhi oleh zamannya, secara umum tumbuhnya keragaman gaya pada dunia desain dan seni rupa terbentuk oleh pengaruh kebudayaan yang berkembang saat itu.

Namun aspek maknawi tetap merupakan suatu proses penyadaran, bahwa nilai-nilai estetik menjadi bagian yang penting dalam proses transformasi budaya.

Dari beberapa uraian teori di atas, dapat di simpulkan, bahwa seni bordir komputer merupakan pengembangan dari seni bordir yang ada sebelumnya, yaitu bordir mesin.

Keberadaan dari bordir mesin itu sendiri sudah lama ada, perwujudan seni bordir komputer tentu saja di awali dengan proses keterampilan dan rasa estetis dalam membuat desain motif, dengan daya kreatifitas serta bernilai guna.

Keragaman bentuk, fungsi, gaya maupun desain motif di hasilkan dengan bentuk karya fungsional, gaya seni bordir komputer dapat pula di lihat dari bentuk yang di tampilkan, baik dari segi desain motif yang di terapkan maupun warna.

Seni bordir komputer dengan desain motif modern yaitu lebih kepada bentuk flora yang sudah mengalami perkembangan bentuk, terkadang bentuk asli dari motif yang di buat tidak terlihat.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru