oleh

Ide-Ide Dasar Untuk Berbagai Motif Bordir

Banyak fenomena alam bisa menjadi ide dalam berkarya seni, misalnya tentang keindahan alam, bentuk sajian alam hadir berupa flora fauna.

Motif fauna terdiri dari berbagai bentuk hewan, sedangkan motif flora terdiri dari berbagai bentuk tumbuhan, satu di antara motif tumbuhan yaitu bunga.

Berbagai jenis warna, bentuk dan makna bunga yang terdapat di sekitar manusia, satu di antaranya dalam wujud bunga mawar, bunga mawar di kenal juga dengan istilah rose atau “Ratu Bunga”.

Bunga yang cantik menawan dengan aneka ragam warna seakan menghidupkan suasana taman dan ruangan menjadi semarak, di tambah lagi pesona harumnya yang semerbak wangi.

Dengan bentuknya yang cantik, sebagian orang membuat rangkaian bunga dengan menata bunga mawar, kecantikan bunga mawar yang terdapat pada beberapa bentuk spesies dan warnanya memiliki kesan yang berbeda di setiap warna tersebut.

Ketertarikan admin terhadap kecantikan beragam spesies dan warna pada bunga mawar dalam bentuk rangkaian bunga yang menggambarkan suasana dari makna bunga mawar.

Teknik sulam pita dan bordir dapat diaplikasikan pada produk rumah tangga, fashion, aksesoris dan lainnya. Sulam pita menggunakan pita organdi dan satin, yang mempunyai ukuran 2 inchi, 1 inchi, ½ inchi, ¼ inchi dan 1/8 inchi.

Sebenarnya pita juga bisa di buat sendiri dengan cara memotong kain dengan berbagai ukuran, kain yang tidak terpakai lagi juga bisa di jadikan pita.

Dengan ini, warna dan ukuran pita tidak terbatas yang ada di pasaran saja,
sehingga bebas berkreasi dan berekspresi dalam menyulam pita, sebagai bisnis sulam pita dan bordir di harapkan dapat menjanjikan prospek yang menggiurkan dengan kestabilan pasar yang tinggi dan banyak di minati oleh kalangan masyarakat.

Sulam pita dan bordir penting bagi industri kreatif karena sulam pita dan bordir dapat di aplikasikan dan dikembangkan dalam berbagai macam-macam produk yang menggunakan bahan dasar dari kain sehingga memiliki nilai jual.

Sulam pita dan bordir tidak hanya memiliki nilai jual saja, tetapi juga memiliki nilai keindahan yang tinggi berupa Fine-Craft, karya-karya seni yang di hasilkan memiliki kelas diatas karya kerajinan, karena berdasarkan kualitas rancangan pengerjaan, bahan, estetika dan karakter personalnya.

Baca :  Pengertian Motif Bordir

Dengan adanya pembaharuan pada teknik sulam pita dan bordir dapat menarik kaum wanita terutama ibu-ibu untuk mengekspresikan dirinya melalui sulam pita dan bordir, dapat mengangkat ekonomi keluarga dan masyarakat di daerah terpencil seperti daerah terpencil yang ada di Pesisir Selatan, sekarang sedang gencarnya promosi pariwisata.

Sehingga bisa menambah jumlah industri kreatif dan bisa lebih berperan dalam menghadapi perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), bunga mawar mempunyai daya tarik, sehingga menarik perhatian admin untuk di jadikan tugas akhir karya seni tekstil dengan teknik sulam pita dan bordir.

Keindahan yang terdapat pada bentuk bunga mawar yang ekspresif dan memvisualkannya melalui teknik sulam pita dan bordir, akan lahir bentuk yang ekspresif menunjukkan gaya kepribadian yang menciptakan karya seni tersebut.

Di dalam proses pembuatan karya ini penulis mengacu kepada karya Di Van Nierkerk, kesamaan karya kita dengan Di Van Nierkerk yaitu mengunakan teknik sulam pita, tetapi perbedaannya pada bentuk karya, Di Van Nierkerk sebagai lukisan, sedangkan kita sebagai hiasan dinding, selanjutnya di tuangkan dalam bentuk untuk motif bordir.

Pada penggabungan teknik, Di Van Nierkerk menggunakan teknik sulam benang, sedangkan kita menggunakan teknik bordir, tema yang di gunakan berbeda, penulis menjadikan bunga mawar sebagai tema.

Manusia mengenal bunga mawar di duga bersamaan dengan perkembangan peradaban nenek moyang terdahulu, sebagaimana yang di ungkapkan oleh Rukmana (1995:11) bahwa salah satu bukti peninggalan bunga mawar adalah dengan di temukannya fosil bunga mawar yang berusia 40 juta tahun di Colorado dan Oregon Amerika Serikat.

Berbagai macam bentuk spesies yang sesuai dengan tempat bunga mawar tumbuh, adapun beberapa spesies bunga mawar adalah spesies Eropa, spesies Timur Tengah, spesies Cina dan spesies Jepang(Tim Karya Tani Mandiri, 2010:12-13).

Baca :  Pengertian Bordir Dan Pola Hias

Struktur bunga mawar, umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga dan putik.

Bunga Mawar Untuk Motif Bordir

Bunga mawar memiliki berbagai macam warna dan masing-masing warna memiliki makna tersendiri.
Kriya seni yang lebih mengutamakan ekspresi pribadi disebut dengan
Contemporary Craft.

Sebagaimana yang di ungkapkan oleh Ketut (2006:208) menyatakan, bahwa kriya kontemporer (contemporary craft) merupakan gabungan dari keterampilan, pemikiran desain dan ekspresi seni.

Dengan mengutamakan ekspresi dan keindahan maka karya yang di hasilkan memiliki kualitas rancangan pengerjaan, bahan, estetik, ekspresi personalnya berupa karya Fine-Craft.

Salah satu pembagian dari kriya seni yaitu kriya tekstil, merupakan karya seni atau kerajinan tangan yang di buat dari bahan kain sebagai dasar.

Sebagaimana yang di ungkapkan oleh Rizali (1980: 2) menyatakan bahwa, tekstil berasal dari bahasa latin yaitu textere atau textile yang artinya selalu di hubungkan dengan kegiatan menenun.

Kain dasar tekstil di hias setelah pembuatan kain dasar selesai, dengan beragai macam teknik, pembagian desain tekstil hias permukaan ada 5 (Budiyono, dkk, 2008:15) yaitu; 1). Batik; 2). Printing; 3). Sulam; 4). Bordir, dan; 5). Songket.

Dalam kriya tekstil pada prinsipnya memberikan atau membuat unsur hias pada suatu permukaan kain dengan berbagai macam teknik tekstil hias permukaan kain.

Sebagaimana yang di ungkapkan oleh Siti dan Aluna (2016:58) “sulam pita adalah salah satu teknik menghias kain dengan cara menjahitkan pita secara dekoratif keatas benda yang akan di hias, sehingga terbentuk desain
baru menggunakan berbagai macam tusuk hias”.

Asal Kata Bordir

Bordir di kenal dengan istilah Borduur yang artinya adalah seni yang membuat suatu benda menjadi lebih indah, istilah bordir identik dengan sulam karena kata “bordir” di ambil dari bahasa inggris yaitu embroidery, yang artinya adalah sulaman (Soehersono, 2004:6).

Bordir dapat di definisikan salah satu kerajinan ragam hias yang menitik beratkan pada keindahan dan komposisi warna benang pada berbagai jenis kain dasar dengan alat bantu seperangkat mesin bordir.

Baca :  Perwujudan Motif Bordir

Rangkaian bunga ikebana, salah satu jenis aliran seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang, dalam merangkai bunga ikebana terdapat 3 gaya yakni, Rikka, Shoka dan Jiyuka Stefany (2012:6).

Dalam pengertian umum ekspresi sering di kaitkan dengan ungkapan gaya, sebagaimana yang di ungkapkan oleh Janny (2011:31) menyatakan bahwa perwujudan emosi atau perasaan seseorang melalui bentuk.

Kata “ekspresi” sendiri mengandung arti yang melukiskan perasaan dan penginderaan batin yang timbul dari pengalaman pribadi yang terjadi yang di terima tidak saja oleh pancaindera, melainkan juga oleh jiwa seseorang.

Pada umumnya desain merupakan sebuah rancangan, rencana atau sebuah gagasanBeta (2008:5) menyebutkan bahwa: “Desain merupakan suatu proses kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan dalam hal yang menyangkut perancangan suatu objek yang bersifat fungsional atau estetis, yang pada prinsipnya melihat aspek teknis, fungsi, material, tanpa melepaskan unsur warna, garis, tekstur, keseimbangan komposisi dan bentuk”.

Unsur-unsur visual berperan penting dalam mewujudkan keindahan pada karya seni rupa, ada beberapa unsur yang menjadi dasar terbentuknya wujud seni rupa, yaitu: garis, bidang, bentuk, warna, dan tekstur.

Dalam mewujudkan suatu bentuk harus memperhatikan komposisi dari bentuk karya tersebut, menyusun, memadukan prinsip-prinsip seni agar bentuk yang menarik dapat terwujud. Beberapa prinsip dalam mengolah seni rupa dasar secara umum yaitu kesatuan, irama, keseimbangan dan harmoni.

Berdasarkan uraian di atas tentang teori-teori dalam menyulam pita dan membordir, tujuan penciptaan karya akhir ini adalah untuk memvisualisasikan bunga mawar melalui teknik sulam pita dan bordir sebagai hiasan dinding.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru