oleh

Jenis Kain Untuk Busana Pria

Jenis-jenis kain untuk busana pria

Pemilihan jenis kain sangat menentukan dalam pembuatan busana anda, karena jenis kain akan menentukan kenyamanan dalam pemakaiannya, sifat langsai (jatuh kain), maupun pemeliharaan busana.

Jenis kain berasal dari serat alam dan serat buatan ( sintetis), berikut ini jenis kain yang dapat anda pilih untuk pembuatan busana pria.

a. Kain serat alam

Kain serat alam merupakan kain yang di peroleh dari alam, yaitu tumbuh-tumbuhan dan binatang, jenis kain serat alam yaitu :

1) Jenis kain yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (kapas), yakni :
a) Mori
b) Poplin
c) Drill
d) Voile
e) Berkolin

Kain yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sifatnya kuat, tahan cuci, tahan panas (setrika) dan mudah menyerap keringat.

2) Jenis kain yang berasal dari binatang, yaitu :
a) Wol
b) Sutra

3) Jenis kain serat buatan ( sintetis)
Kain dari serat buatan bahan dasarnya ada yang berasal dari alam, kemudian di olah melalui proses kimia dan ada yang bahan dasarnya kimia kemudian di olah pula secara kimia pula, jenis kain yang berasal dari serat buatan, yaitu :

a) Tetoron
b) Crepe
c) Organdi
d) Brokat
e) Sifon
f) Satin

Kain yang berasal dari serat buatan sifatnya kuat, tahan cuci, tidak tahan panas (setrika) dan tidak menyerap keringat, kain yang di pilih untuk pembuatan kemeja antara lain adalah : oxford, poplin, berkolin, damast, voile, vlanel, zaphir, batist, tetoron, sutra, batik dan lain-lain.

Kain yang di pilih untuk pembuatan pantolan, antara lain adalah : drill, famatek, gabardin, jeans, katerina dan lain lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru