oleh

Macam-Macam Motif Bordir

Ragam Motif Bordir

Terdapat bermacam-macam motif bordir yang selama ini di gunakan, mulai dari motif-motif geometris sampai dengan motif-motif modern atau gaya baru.

Motif bordir senantiasa mengalami perubahan karena perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu berkembang dan menginginkan hal baru.

Pada dasarnya motif bordir di bagi menjadi dua, yaitu motif geometris dan motif non geometris (flora, fauna dan manusia), agar mempunyai nilai tambah karena menawan dan memikat, harus di buat dengan menggunakan bentuk-bentuk alam, misalnya tumbuhan, daun-daunan, bunga, buah-buahan, batu, kayu, kulit, awan, pelangi, binatang, bulan, matahari, bentuk figur (hewan dan manusia), bentuk berbagai garis (geometris) dan bentuk khayalan tidak nyata (abstrak).

Jika di rangkum dan di simpulkan, ada bentuk dasar, yaitu bentuk alami, bentuk dekoratif, bentuk geometris dan bentuk abstrak, berikut beberapa macam ragam motif bordir.

a. Motif Bentuk Alami

Bentuk ini sangat kuat di pengaruhi oleh bentuk alam benda atau bentuk yang bersifat dan berwujud dari alam, yang penggambarannya sangat serupa dengan objek alam benda seperti tumbuhan atau yang sering di sebut dengan motif flora, yang di maksud dengan motif flora di sini adalah motif yang terinspirasi dari berbagai jenis tumbuhan, misalnya daun, bunga, sulur atau buah.

Sedangkan motif dekoratif adalah motif abstrak yang terbentuk dari lengkungan, garis, lingkaran atau bentuk-bentuk geometris lainnya, sentuhan bordir kedua motif ini mempunyai nilai tambah serta daya tarik tersendiri supaya pakaian itu sedap di pandang mata dan bisa menaikkan gengsi orang yang memakainya, selain motif tumbuhan (flora) yang termasuk bentuk alami yaitu motif binatang dan motif manusia.

Baca :  Perwujudan Motif Bordir

b. Motif Bentuk Dekoratif

Bentuk dekoratif adalah bentuk motif yang berwujud dari alam, di transformasikan ke dalam bentuk dekoratif dengan stilasi (gubahan) menjadi mode dan khayalan (biasanya di dukung oleh berbagai variasi serta susunan nuansa warna yang indah dan serasi).

c. Motif Bentuk Geometris

Motif ini mempunyai ciri dapat di bagi-bagi menjadi bagian-bagian yang sama, ciri dari motif geometris adalah motif tersebut dapat di bagi-bagi menjadi bagian-bagian yang disebut satu ”raport” (rapor), bagian yang di sebut ”raport” ini bila di susun akan menjadi motif yang utuh.

Bentuk motif geometris lebih terarah kepada bentuk berdasarkan elemen geometris, seperti persegi panjang, oval, kotak segitiga, segi enam, kerucut, jajar genjang, silinder dan berbagai garis.

d. Motif Bentuk Abstrak

Motif bentuk abstrak adalah imajinasi bebas yang terealisasi dari suatu bentuk yang tidak lazim atau perwujudan bentuk yang tidak ada kesamaan dari berbagai objek, baik objek alami maupun objek buatan manusia.

Dengan kata lain, bentuk abstrak adalah sebuah desain bentuk ysnsg tidak berbentuk (tidak nyata).

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru