oleh

Pantalon Sistem Aldrich

Pola adalah suatu potongan kain atau kertas yang dipakai sebagai contoh untuk membuat pakaian, potongan kain atau kertas tersebut mengikuti bentuk/ ukuran badan tertentu.

Dapat disimpulkan pola adalah potongan kertas atau kain yang dipakai untuk pedoman dalam menggunting kain yang dibuat berdasarkan ukuran tubuh pemakai.

Ladies Pantolan
Ladies Pantolan

Berdasarkan jenisnya pola dasar terdiri dari pola dasar pria yaitu pola dasar yang dibuat sesuai dengan ukuran pria, pola dasar pria terdiri dari pola celana.

Celana adalah pakaian luar yang menutupi badan dari pinggang ke mata kaki dalam dua bagian kaki yang terpisah, pantalon adalah celana yang dipakai oleh laki-laki, dapat disimpulkan celana pantalon merupakan pakaian bagian bawah yang dipakai oleh laki-laki, berbentuk lebar yang memanjang dari pinggang sampai pergelangan kaki dan terdapat jahitan pesak pada tengah muka celana.

Untuk mendapatkan pola pantalon yang sesuai dengan bentuk tubuh dilakukan beberapa tahan pembuatannya, yaitu sebagai berikut :

a) Alat dan bahan dalam pembuatan pola (pita ukuran, kapur jahit, guntung, penghapus, pensil, kertas pola dan penggaris).

b) Mengambil ukuran badan (lingkar pinggang, lingkar panggul, panjang kaki bagian dalam, tinggi duduk dan lebar bawah celana). Pembuatan pola pantalon sistem Aldrich mengikuti langkah-langkah panduan sesuai dengan sistem Aldrich.

Pembuatan pola dimulai dari pengambilan ukuran, persiapan alat-alat pembuatan pola dan proses-proses pembuatan pola.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru