oleh

Pecah Pola Rok Wanita

Rok merupakan bagian pakaian yang di pakai mulai dari pinggang melewati panggul sampai ke bawah sesuai dengan keinginan, biasanya rok di pakai sebagai pasangan blus.

Desain rok cukup bervariasi, baik di lihat dari ukuran panjang rok maupun dari siluet rok, berdasarkan ukuran panjangnya, rok dapat di bagi atas :

  1. Rok micro, yaitu rok yang panjangnya sampai batas pangkal paha.
  2. Rok mini, yaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  3. Rok kini, yaitu rok yang panjangnya sampai batas lutut.
  4. Rok midi, yaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan betis.
  5. Rok maxi, yaitu rok yang panjangnya sampai mata kaki.
  6. Rok floor, yaitu rok yang panjangnya sampai menyentuh lantai.

Berdasarkan siluet atau bentuk rok, desain rok dapat di bedakan atas :

  1. Rok daripola dasar, merupakan rok yang modelnya seperti pada pola dasar tanpa ada lipit atau kerut, rok biasanya menggunakan ritsiuiting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.
  2. Rok span dan semi span, rok span merupakan rok yang bagian sisi
    bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam, sehingga terlihat kecil ke bawah, sedangkan rok semi span merupakan rok yang bagian sisinya lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
  3. Rok pias, nama dari rok pias tergantung jumlah pias atau potongan yang di buat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.
  4. Rok kerut yaitu rok yang dibuat dengan model ada kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawah lebar.
  5. Rok kembang atau rok klok, yaitu rok yang bagian bawahnya lebar, rok ini di kenal dengan rok kembang, rok lingkaran dan rok 1/2 lingkaran.
  6. Rok lipit, rok lipit ada 3, yaitu rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup. Rok lipit pipih yaitu rok yang lipitannya di buat searah seperti rok sekolah murid SD. Rok lipit hadap yaitu rok yang lipitnya di buat berhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau di atur beberapa lipitan pada sekeliling rok, sedangkan rok lipit sungkup, yaitu rok yang lipitnya di buat berlawanan arah, misalnya lipit yang satu di buat kekanan dan yang satu lagi di buat arah ke kiri. Lipit ini juga sama dengan lipit pada bagian dalam atau bagian buruk bahan pada lipit hadap.
  7. Rok bertingkat, yaitu rok yang di buat beberapa tingkat, rok ini ada yang di buat 2 atau 3 tingkat yang di atur panjangnya, umumnya bentuk rok ini sering di jumpai pada busana anak-anak.
Baca :  Merancang Bahan Jaket Dan Cara Atau Langkah Urutan Menjahit Jaket

Berikut ini dapat di lihat beberapa pecah pola rok sesuai dengan desain dan kesempatan pemakaiannya.

Desain 1. Rok span

Rok span sering di pakai untuk pasangan blus atau jas dan blazer yang di pakai untuk busana kerja.

Pecah Pola Rok Span
Pecah Pola Rok Span

Keterangan :

Tarik garis lurus dari panggul ke bawah, pada bagian bawah rok masukkan 2 sampai 5 cm ke dalam dari batas garis tersebut lalu hubungkan ke garis panggul, bagian bawah rok akan terlihat lebih kecil dari pada garis lingkar panggul.

Desain 2. Rok semi span

Sama dengan rok span, rok semi span juga sering di pakai untuk pasangan blus atau jas dan blazer yang dipakai untuk busana kerja, panjang rok bervariasi mulai dari selutut, sampai betis atau sampai mata kaki.

Pecah Pola Rok Semi Span
Pecah Pola Rok Semi Span

Keterangan :

Tarik garis lurus dari panggul ke bawah lalu hubungkan ke garis panggul, bagian bawah rok akan terlihat sama besar dengan garis lingkar panggul.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru