oleh

Pengaplikasian Bordir Pada Kain Organdi

Perkembangan mode di Indonesia kian berkembang seiring dengan maraknya hiasan-hiasan busana yang kian bervariasi, di antaranya berupa hiasan bordir.

Istilah bordir berasal dari bahasa Inggris, yaitu “embroidery” yang artinya sulaman macam-macam tusuk di namakan tusuk hias.

Variasi bordir terdiri dari berbagai macam, di antaranya adalah bordir aplikasi, bordir inggris, kerawang, bordir lukis, pecah kopi, aplikasi tiga dimensi dan lain-lain.

Salah satu bordir yang dapat di katakan menarik adalah bordir aplikasi 3 dimensi, karena border ini memliki tekstur bordir timbul dan menggunakan campuran beberapa jenis setikan, warnanya pun beragam dari perpaduan berbagai macam warna.

Bordir aplikasi dapat di terapkan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah bentuk bunga.

Berbagai macam hiasan bordir kini bisa di terapkan pada bermacam-macam kain, di antaranya adalah kain organdi, kain taffeta, kain satin, kain siffon dan kain sutera.

Contoh Hasil Bordir Di Atas Kain Organdi
Contoh Hasil Bordir Di Atas Kain Organdi

Berdasarkan pra eksperimen kita, kita sudah membedakan hasil jadi bordir aplikasi kelopak bunga menggunakan dua jenis kain, yaitu kain organdi dan kain taffeta.

Hasil jadi bordir aplikasi kelopak bunga menggunakan kain organdi lebih bagus sedangkan hasil jadi bordir aplikasi kelopak bunga menggunakan kain taffeta ini terlalu tebal dan kurang berbentuk, namun jika berhati-hati tetap bagus juga.

Karena kain organdi dan kain taffeta mempunyai ketebalan berbeda maka hasil jadi dari bordir aplikasi kelopak bunga pun berbeda, oleh sebab itu kita menggunakan kain organdi.

Organdi yang beredar di pasaran juga memiliki komposisi benang yang berbeda, hasil uji lab membuktikan bahwa kain organdi lembaran putih mengandung benang sutra sebesar 86,50% dan kain organdi pada lembaran merah, putih dan hijau mengandung benang polyester sebesar 90,38%, 93,16% dan 85,12%.

Kedua jenis organdi ini sebagai bahan bordir adalah bagus, karena memiliki tingkat ketebalan dan teksture yang hampir sama.

Bordir aplikasi kelopak bunga dapat di terapkan pada berbagai macam media, di antaranya adalah busana, lenan rumah tangga dan lain-lain.

Penerapan bordir aplikasi kelopak bunga yang menggunakan kain organdi ini pada busana, busana adalah sesuatu yang di gunakan oleh seseorang mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Adapun klasifikasi busana menurut kesempatannya adalah busana rumah, busana kerja/sekolah, busana olahraga, busana rekreasi dan busana pesta.

Busana yang di gunakan pada penelitian ini adalah busana pesta, busana pesta adalah busana yang di gunakan dalam kesempatan pesta.

Bahan yang di gunakan dalam pembuatan busana pesta adalah kain duches, untuk menciptakan busana pesta yang spesial di perlukan pengolahan bahan yang baik dan penambahan hiasan busana, sehingga busana terlihat lebih indah dan menambah nilai jual.

Dalam hal ini kita mengamati perbedaan hasil jadi bordir aplikasi kelopak bunga antara menggunakan kain organdi polyeser dan kain organdi sutera yang di tinjau dari tingkat kerapian hasil jadi bordir aplikasi, kesesuaian desain bordir aplikasi terhadap desain busana pesta serta kestabilan bentuk dan letak bordir aplikasi kelopak bunga pada busana.

Dari hal di atas, maka perbedaan hasil jadi bordir aplikasi kelopak bunga antara menggunakan kain organdi sutera dan kain organdi polyester pada busana tidak terlalu signifikan hasilnya dan tetap oke serta bagus.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru