oleh

Pengaruh Seni Bordir Komputer Terhadap Masyarakat Pendukungnya

Bahwa seni memberi pengaruh kepada masyarakat dalam berbagai bentuk antara lain apresiasi, mode, selera, gaya hidup, terkait dengan itu, seni bordir komputer sebagai salah satu karya seni memberi pengaruh yang tidak sedikit.

Pengaruh budaya global terhadap seni dan budaya lokal, kreatifitas seni lokal umumnya mendapat pengaruh budaya global, hal ini terlihat dari penyebaran gaya dan mode seni.

Bentuk transformasi budaya tergantung dari unsur-unsur yang diserap dari budaya global, masyarakat dalam hal ini sebagai konsumen, baik secara sadar maupun tidak telah terjun ke dalam budaya global.

Selera dan gaya hidup selalu berubah mengikuti kemajuan dan perkembangan yang ada, seni bordir komputer mampu beradaptasi di tengah masyarakat selaku penikmat sekaligus pemakai seni itu sendiri.

Kehadiran seni bordir komputer merasuki semua kalangan masyarakat atau konsumen, tidak terkecuali kalangan menengah ke bawah.

Bordir mesin manual sebagai seni lokal mendapat pengaruh dari aspek peralatan mesin yang di gunakan, mesin bordir komputer memiliki kapasitas melebihi mesin-mesin bordir sebelumnya.

Mesin Bordir Manual

Kemampuan mesin bordir komputer dalam menghasilkan bordiran tergantung dari jumlah kepala masing-masing mesin, mesin tersebut memang di rancang untuk mampu memproduksi dalam kapasitas yang banyak.

Semakin banyak jumlah kepala mesin, semakin banyak pula hasil yang mampu di produksi, perancangan terhadap itu semua adalah untuk melahirkan suatu inovasi dalam memenuhi permintaan pasar dan konsumen.

Kebutuhan pasar akan seni bordir komputer semakin meluas dengan beragam bentuk dan fungsi, dapat di katakan, bahwa seni bordir komputer sebagai bentuk industri yang mendatangkan keuntungan.

Faktor Ekonomi

Seiring perkembangan waktu, seni bordir komputer ikut berkembang mengikuti arus modernisasi, dengan begitu seni bordir komputer tetap
mampu bertahan dan bersaing dengan produk tekstil lainnya.

Gerakan modernisasi ini juga di rasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, termasuk seniman dan pengrajin yang kemudian dapat mengembangkan profesinya selaras dengan perkembangan zaman.

Baca :  Pengertian Bordir Dan Pola Hias

Para pengrajin menyadari, keadaannya yang tidak mungkin tetap bertumpu pada kondisi-kondisi masa silamnya, akan tetapi berusaha keras untuk menciptakan peluang-peluang yang lebih memberikan harapan positif.

Kehadiran seni bordir komputer adalah bentuk dari perkembangan teknologi yang memberikan peluang bisnis, peluang yang begitu menggiurkan karena mampu menopang kehidupan perekonomian masyarakat pendukungnya.

Mesin Bordir Komputer

Dengan hadirnya seni bordir tersebut membuka peluang bagi masyarakat untuk ikut terjun sebagai pelaku atau pekerja, pekerja dalam hal ini adalah sebagai operator mesin bordir komputer, sebagian besar di kerjakan oleh kaum laki-laki.

Mereka yang pengangguran sekalipun putus sekolah mampu untuk melakoni usaha tersebut, semakin berkembangnya usaha seni bordir komputer, peluang lapangan kerja tentunya semakin terbuka.

Selain itu, dengan di terimanya seni bordir komputer di tengah masyarakat, semakin merangsang para pengusaha untuk mengelola usaha jenis ini, terutama di daerah perkotaan, usaha tersebut semakin menjamur.

Persaingan pun tidak terelakkan, sehingga masing-masing jenis usaha berusaha untuk tetap menjaga stabilitas dari kualitas produksi dan selalu memberikan pelayanan yang prima.

Seni bordir sebagai salah satu kerajinan khas daerah berdasarkan dari bentuk dan model motifnya, memang sangat di minati oleh masyarakat, selain pengrajin dan pengusaha atau pengelola seni bordir komputer, pedagang pun tidak ketinggalan memperoleh keuntungan dengan adanya bordir tersebut.

Harga yang relatif terjangkau alias lebih murah, menjadi pilihan bagi para pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh, kehadiran seni bordir komputer selain memberi pengaruh terhadap faktor ekonomi terutama pengusaha, pekerja maupun pedagang, ternyata juga sedikit mempengaruhi jenis usaha seni bordir mesin secara manual.

Hal ini terlihat pada banyaknya permintaan pasar pada seni bordir komputer, seni bordir komputer banyak di minati para wisatawan yang datang, biasanya mereka memilih bordir komputer sebagai oleh-oleh, di karenakan harga yang di tawarkan lebih murah di bandingkan bordir mesin secara manual.

Baca :  Peralatan Seni Bordir Komputer

Bukan berarti, bordir mesin secara manual tidak di lirik sama sekali, di karenakan harga yang lebih mahal di bandingkan bordir komputer, bordir mesin secara manual yang juga memiliki kualitas malah bisa lebih baik daripada bordir komputer, tetap di minati untuk di pakai sendiri.

Berkaitan dengan hal di atas, salah seorang pengusaha seni bordir mesin yaitu Yuherman, tetap memiliki rasa optimis terhadap keberadaan bordir mesin, terutama teknik bordir kerancang.

Untuk teknik bordir jenis ini, membutuhkan keahlian yang tidak semua pengrajin memilikinya, proses pengerjaan membutuhkan waktu yang lama tergantung kepada desain motif.

Sehingga kualitas dan nilai estetis yang di hasilkan oleh bordir mesin tidak mampu di buat oleh mesin bordir komputer, seni bordir komputer hadir dengan memberikan dampak atau pengaruh kepada masyarakat pendukungnya, terutama dari segi kecepatan produksi.

Dampak atau pengaruh dari bordir tersebut tidak hanya menguntungkan beberapa pihak, namun bisa juga merugikan pihak lainnya, yaitu kalangan pengrajin seni bordir manual, namun tidaklah terlalu signifikan.

Seni bordir komputer merupakan bentuk pengembangan dari seni bordir mesin, bordir komputer mengalami perkembangan yang pesat, sehingga banyak pengusaha yang tertarik dengan peluang usaha tersebut.

Sasaran dari seni bordir tersebut meliputi semua kalangan masyarakat, produk yang dihasilkan seni bordir komputer di antaranya berupa busana, mukena, kerudung, dan berupa pembuatan lambang dan logo.

Proses kerja mesin di awali membuat desain, dengan software Wilcom Embroidery, pada tahap membordir mesin bekerja dengan sendirinya sesuai dengan desain.

Dampak yang di hasilkan dengan adanya seni bordir komputer terlihat pada faktor ekonomi, di antaranya terhadap pekerja (pengrajin), pengusaha (pengelola) dan pedagang.

Pekerja yang di maksud adalah yang bekerja sebagai operator mesin dan perancang desain motif bordir, meskipun pekerja yang bekerja sebagai operator mesin tidak banyak yang di butuhkan, namun tetap membantu sebagian kecil para pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan.

Baca :  Fungsi Seni Bordir Komputer

Di satu sisi dengan adanya bordir komputer ini menguntungkan satu pihak yaitu operator mesin, di sisi lain merugikan pihak lainnya yaitu pengrajin bordir mesin manual.

Meskipun dengan adanya seni bordir komputer merugikan dan menguntungkan beberapa pihak, akan tetapi seni bordir yang sudah ada sebelum bordir komputer tetap mampu bertahan.

Sejalan dengan ungkapan, bahwa seni kerajinan bordir dengan mesin secara manual tidak mengurangi nilai karya seni yang di hasilkan, di lihat dari segi bentuk, gaya, struktur maupun fungsi dalam kehidupan masyarakat pendukungnya.

Akan tetapi itulah yang menjadi ciri khas bordiran manual, hal ini ada karena tidak semua keunggulan yang di miliki oleh bordir mesin manual, tidak dapat di capai dengan menggunakan mesin bordir komputer.

Selama produksi bordir berkembang, baik bordir mesin maupun bordir komputer di terima dan di minati masyarakat, kehidupan perekonomian pelaku seni bordir akan mampu bertahan di zaman sekarang ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru