oleh

Pengembangan Desain Batik Melayu

Pengembangan desain batik melalui rancang bangun perekayasaan desain menurut ragam hias Melayu meliputi pengembangan motif dan proses, termasuk pemilihan komposisi warna.

Proses yang sering di lakukan yaitu proses celup, penghilangan lilin dan celup warna tumpangan atau proses colet, celup, penghilangan lilin atau celup kemudian penghilangan lilin yang di sebut Batik Kelengan.

Setiap pulau di Indonesia mempunyai ciri khas budaya dan kesenian yang di kenal dengan corak atau ragam hias khas daerah, juga ornamen yang di minati oleh masyarakat dari daerah tersebut atau dari daerah lain.

Kondisi demikian mendorong pertumbuhan industri kerajinan yang memanfaatkan unsur–unsur seni, adapun motif yang di peroleh adalah : Ayam Berlaga, Bungo Matahari, Kuntum Bersanding, Lancang Kuning, Encong Kerinci, Durian Pecah, Bungo Bintang, Bungo Pauh Kecil, Riang-riang, Bungo Nagaro.

Pengembangan desain tersebut di pilih 3 produk terbaik yang di nilai oleh 5 penilai yang ahli di bidang desain batik, yaitu motif Durian Pecah, Ayam Berlaga, dan Bungo Matahari.

Rancang bangun di versifikasi desain dengan memanfaatkan unsur–unsur seni dan ketrampilan etnis Melayu yaitu pemilihan ragam hias dan motif batik Melayu untuk di terapkan ke bahan sandang dengan komposisi warna yang menarik, sehingga produk memenuhi selera konsumen.

Memperbaiki keberagaman batik dengan meningkatkan desain produk antara lain menuangkan ragam hias Melayu ke dalam proses batik yang menggunakan berbagai macam warna sehingga komposisi warna memadai.

Di peroleh hasil produk batik dengan ragam hias Melayu yang berkualitas dan komposisi warna yang sesuai dengan karakter ragam hias Melayu.

Rancang bangun desain produk untuk mendapatkan formulasi desain serta kelayakan prosesnya dengan penekanan pada teknologi akrab lingkungan di laksanakan dengan alternatif pendekatan yaitu penciptaan desain bentuk baru.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru