oleh

Pengertian Dan Jenis-Jenis Setik

Apa itu Dan Pengertian Serta Jenis-jenis Setik

Secara etimologis kata setik berasal dari bahasa Belanda yaitu “steek” yang
berari tusuk atau tusukan, setik adalah jahitan pada permukaan kain atau langkah jahitan yang dapat di lakukan dengan mesin jahit biasa maupun mesin jahit listrik dan mesin computer.

Adapun jenis jahitan (setik) yang terdapat dalam seni kerajinan bordir yaitu :

a) setik kesed (seret), b) setik betik (uter), c) setik ful (tutupan), d) setik kerawang (kerancang), e) setik aplikasi dan f) setik gacluk (susun atau sembur).

Ciri khas atau keunikan dari bordir dari Tanjung, Kawalu, Tasikmalaya ini adalah dengan adanyanya variasi setik kerancang atau kerawangan yang artinya berlubang, merupakan bidang-bidang berlubang yang ada di antara motif/ ragam hias utamanya, teknik melubangi ini bisa dengan cara di solder.

Setik (hasil bordiran yang halus dan rapi) dan kombinasi antara warna benang dan kain yang serasi, dalam peroses pengerjaan bordir tidak memakan banyak waktu.

Motif-motif khas yang menggambarkan flora dan fauna maupun benda atau elemen yang ada di lingkungan sekitar, antara lain banyak menggunakan motif bunga mawar, melati dan masih banyak motif lainnya dengan menunjukan kehalusan dan kerapihan setiknya khususnya setik gacluk.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru