oleh

Pengertian Piyama

Piyama

Piyama termasuk pakaian dalam yang digunakan untuk tidur atau pakaian sore longgaran yang dikenakan di rumah bagi pria dan wanita.

Piyama terdiri dari 2 potong berupa atasan piyama dan celana piyama, kata piyama berasal dari bahasa Belanda  pajamas, bahasa Bengali pajama dan bahasa Perancis payjama.

Piyama
Piyama

Dalam pembuatannya, piyama dibuat lebih longgar untuk kenyamanan dalam pemakaian, berbahan lembut, menyerap keringat, mampu memberi rasa hangat saat dingin dan rasa dingin saat panas.

Pola Atasan piyama dapat menggunakan pola dasar jas atau pengembangan dari pola kemeja, celana piyama bagian sisi luar lipatan, ada belahan golbi sembunyi dengan kancing, bagian pinggang menggunakan ban pinggang berkaret pada bagian sisi atau belakang, berhias serip atau bisban dan teknik penyelesaian piyama dengan kampuh balik yang  kuat dan nyaman untuk bergerak saat tidur.

Pusat perhatian pada piyama terletak pada keserasian warna, motif bahan dan kombinasi, kelonggaran untuk kenyamanan gerak, tingkat kerapian jahitan, kekuatan jahitan, ketepatan jatuhnya kerah dan lengan jas, tepatnya belahan TM kiri menutup kanan, letak saku dan teknik jahitan harus tepat dan kuat.

Baca :  Cara Mudah Membuat Pola Celana Panjang

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru