oleh

Penggolongan Busana Pria

Penggolongan Busana Pria

Busana pria umumnya terbagi menjadi 2 golongan kepentingan, yaitu adalah busana (clothing) dan pelengkap busana (furnishing).

1. Busana atau Clothing

Busana atau clothing merupakan busana sebagai penutup badan. Busana di bagi menjadi dua bagian penggunaannya, yaitu busana luar dan busana dalam.

Busana luar dapat di bagi dalam beberapa tujuan yaitu :

a) Busana kerja atau bepergian (business or street wear).

b) Busana sport dan santai (sport wear and casual wear). Busana resmi, di waktu siang, malam, undangan upacara makan dan lain-lain tujuan dalam pergaulan yang di atur (protocolair, formal).

Di tinjau dari busana luar, maka busana pria pada umumnya di bagi menjadi :

a) Setelan jas dan celana (suits).

b) Baju kemeja (shirts).

c) Celana (slacks).

d) Jaket (jacket).

e) Rompi.

Busana dalam merupakan busana yang digunakan untuk penutup sebagian badan sebelum memakai busana luar dengan tujuan utama dapat langsung menampung keringat atau kotoran lainnya yang menempel pada badan si pemakai.

Di tinjau dari busana dalam, maka busana dalam untuk pria pada umumnya terbagi menjadi :

a) Kaos oblong (T.Shirt).

b) Kaos singlet (undershirt)

c) Celana pendek (short).

d) Celana dalam (briefs).

e) Union suits (satu baju lengan panjang terusan dengan celananya banyak di pakai di daerah dingin), selain busana luar dan busana dalam seperti yang di maksudkan di atas, juga terdapat busana-busana khusus yang di pakai sebagai busana luar, tetapi hanya di dalam rumah saja, misalnya kimono, piyama untuk dalam rumah dan lain-lainnya.

Terdapat juga busana khusus karena fungsi dan tugas pemakainya, misalnya busana dokter atau perawat, juru selam, penolong kebakaran, montir mesin dan sebagainya.

Baca :  Tentang Tekstur Bahan Busana

Busana-busana tersebut memerlukan pembuatan dengan pola dari mesin-mesin jahit yang khusus.

2. Pelengkap (Furnishing)

Pelengkap (furnishing) merupakan aksesoris yang di gunakan untuk melengkapi busana pria, terdiri dari krah (collars), dasi (ties), sapu tangan (handkerchiefs), sabuk (belt), penggantung celana berupa sabuk ke bahu (suspender)kaos kaki (hosiery), pengikat kaos kaki (garters), selendang tebal untuk menutupi leher (mufflers/scrafs) dan topi.

Di dalam pembahasan ini, busana-busana khusus dan pelengkap tidak di bicarakan, di sini hanya akan mengemukakan hal-hal yang penting-penting tentang busana luar dan dalam yang sehari-harinya di pakai oleh kaum pria dewasa, misal kemeja, celana panjang, celana olah raga, safari, (semi jas), jaket, piyama dan surjan.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru