oleh

Peralatan Seni Bordir Komputer

Seni bordir komputer dalam pengerjaannya, menggunakan peralatan yang hampir sama dengan bordir mesin. Alat utama yaitu mesin bordir komputer, yang terdiri dari komputer sebagai media untuk mengatur jalannya desain motif dan mesin yang bekerja membuat desain motif yang ada.

Kedua bagian alat ini saling berkaitan satu dengan lainnya, mesin bordir komputer dirancang sebagai mesin yang mampu menghasilkan produk
dengan kapasitas banyak, hal tersebut tergantung kepada jumlah kepala mesin bordir komputer.

Motif Hasil Bordir Komputer

Jumlah kepala mesin bordir komputer ini bervariasi, mulai dari jumlah kepala satu, kepala dua, kepala enam, kepala 12 dan kepala 20. Masing-masing kepala terdiri dari ada yang enam jarum jahit dan ada yang sembilan jarum jahit.

Hasil produksi tentunya akan dipengaruhi oleh sedikit banyaknya jumlah kepala mesin, semakin banyak jumlah kepala mesin bordir komputer, semakin banyak pula hasil produksi bordir.

Mesin bordir komputer sebagai alat utama dalam proses membuat bordir, pada proses kerja didukung oleh alat lainnya, seperti pemidangan (ram) dan gunting.

Pemidangan (ram) berfungsi sebagai alat untuk meregangkan kain, sama halnya dengan pemidangan (ram) yang digunakan pada bordir mesin, akan tetapi pada bordir komputer alat ini memiliki mur.

Dikarenakan mesin bordir komputer bekerja secara otomatis, sehingga mur berfungsi sebagai penghubung antara pemidangan (ram) dengan mesin.

Teknik Pembuatan Seni Bordir Komputer

Adapun tahapan proses kerja mesin bordir komputer di antaranya adalah, pertama tahap persiapan desain, desain adalah rancangan atau seleksi atau arransemen dari elemen formal karya seni.

Desain merupakan aktifitas menata unsur-unsur karya seni yang memerlukan pedoman yaitu azaz-azaz desain (principle of design), antara lain unity, balance, rhythm dan proporsi.

Desain motif pada bordir adalah nilai artistik suatu karya seni bordir, dengan membuat desain motif, karya seni bordir khususnya akan dengan sangat mudah dan cepat dikerjakan.

Tanpa adanya desain motif, mesin bordir komputer tidak akan dapat beroperasi karena tidak adanya perintah yang diterima.

Desain motif bordir terlebih dahulu didesain dengan menggunakan software yang dinamakan wilcom, pada saat merancang desain motif untuk
bordir komputer, mencakup warna benang yang digunakan, teknik jahitan dan penempatan motif.

Setelah desain motif selesai dirancang, desain tersebut dipindahkan ke mesin bordir komputer.

Tahapan kedua setelah desain motif adalah persiapan bahan, tahapan berikutnya adalah proses bordir, mesin bordir komputer akan bekerja sesuai dengan desain motif yang sudah ada, hasil yang diperoleh nantinya pun tergantung dari jumlah kepala mesin.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru