oleh

Perwujudan Motif Bordir

1. Konsep Perwujudan

Dalam konsep perwujudan suatu motif bordir, dalam mewujudkan ide memvisualisasikan keindahan bentuk spesies dan makna bunga mawar melalui teknik sulam pita dan bordir.

Bentuk bunga mawar, daun dan ranting yang penulis buat dengan teknik sulam pita sehingga menciptakan tekstur nyata, penggarapan warna pada latar belakang juga akan di sesuaikan dengan makna dan warna bunga mawar.

Dalam proses pembuatan desain di buat dengan manual, kita akan mencoba mengeksplorasi bentuk bunga mawar sebaik mungkin untuk mendapatkan nilai estetisnya.

2. Perwujudan Ide-Ide Seni

Kita melakukan berbagai persiapan, yaitu untuk menemukan ide yang bagus, admin banyak membaca buku-buku sulam pita dan bordir, serta referensi dari internet mengenai sulam pita dan bordir.

Selain itu, admin juga melihat dan mengamati bentuk bunga mawar yang berada di taman, halaman maupun di dalam ruangan saat ini, hasil pengamatan, pengalaman dan hal-hal yang kita lakukan selama pencarian ide, maka kita wujudkan sebagai karya akhir.

Lalu kemudian mencurahkan ide yang telah kita dapatkan itu melalui desain karya yang akan kita wujudkan, desain yang telah selesai nantinya selanjutnya di tuangkan dalam bentuk bordir secara langsung.

Dalam perwujudan ide ini, kita kemudian merealisasikan desain yang terpilih, sebelum memulai proses penciptaan karya akhir, tentunya kita harus mempersiapkan bahan dan alat.

Setelah mempersiapkan bahan dan alat mulai proses penciptaan karya dan yang terakhir adalah finishing dengan membingkai ketujuh karya tersebut dalam bentuk hasil bordir yang sesungguhnya.

Contoh Karya Hasil Ide Dari Bunga Mawar Di Jadikan Hasil Bordir Pada Baju
Contoh Karya Hasil Ide Dari Bunga Mawar Di Jadikan Hasil Bordir Pada Baju

3. Pembahasan Karya

Karya akhir yang di hasilkan berupa hiasan pada baju yang berbentuk tiga dimensi, bentuk yang di tinggikan dan muncul dari latar belakang, hanya dapat di nikmati dari arah depan dan arah samping saja dan memiliki tekstur nyata.

Baca :  Pengertian Bordir Dan Pola Hias

Desain karya berbentuk rangkaian bunga ini adalah gaya jiyuka bersifat bebas, di mana rangkaiannya berdasarkan kreativitas serta imajinasi kita, bahan utama yaitu benang bordir berbagai warna.

Karya yang di hasilkan tidak hanya memiliki nilai keindahan saja tetapi juga memiliki nilai ekonomis atau nilai jual, demikianlah dasar dari ide-ide untuk membuat motif bordir yang cukup bagus.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru