oleh

Proses Pembuatan Bordir Manual

Persiapan sebelum membordir dengan proses manual yaitu :

(1) menyiapkan dan membuat desain motif untuk di aplikasi bordir;

(2) memindahkan atau menjiplak desain motif pada kain yang akan di bordir;

(3) memasang kain yang sudah ada motifnya pada pemidangan;

(4) memilih, menentukan, memasang benang pada mesin bordir;

(5) memeriksa dan menggerakkan mesin bordir.

Berikut uraian langkah-langkahnya :

1). Menyiapkan dan membuat desain motif untuk di aplikasi bordir, ada dua cara yang di gunakan oleh pengrajin dalam proses membuat motif bordir. Cara pertama yaitu dengan membuat sketsa desain hitam putih baik dengan gambar tangan atau di atur melalui komputer yang di print sesuai dengan skala yang di inginkan pada kertas yang tidak mudah sobek, seperti kertas roti atau kertas minyak.

Sketsa gambar tangan atau hasil print di gunakan untuk produksi bordir yang terbatas, karena pemindahan motif pada kain harus di gambar satu persatu, bila ingin di produksi dalam jumlah banyak, maka di gunakan cara kedua yaitu motif bordir yang telah di gambar oleh tangan pada kertas kalkir, di pindahkan pada media karet sintesis dan di ukir dengan menggunakan tangan secara manual lalu di buat seperti stempel, hasilnya di sebut dengan stempel bordir atau ceplokan.

2). Memindahkan atau menjiplak desain motif pada kain yang akan di bordir, menjiplak desain motif di lakukan dengan pensil pada kain, menggunakan kertas karbon sebagai alat bantu. Jarum pentul di pakai untuk merekatkan kertas motif pada karbon dan kain agar proses pemindahan motif hasilnya sesuai dengan motif pada kertas dan tidak berubah.

Tahap pemindahan desain motif pada kain untuk produksi masal harus menggunakan sketsa desain yang sudah di pindahkan pada stempel ceplokan, proses pemindahan motif menggunakan stempel ceplokan di sebut nyeplok.

Baca :  Ide-Ide Dasar Untuk Berbagai Motif Bordir

Proses nyeplok adalah proses pembuatan pola/motif bordir di atas kain sebelum naik ke proses pembordiran, prosesnya pun sama dengan penggunaan stempel pada umumnya, ceplokan yang berisi gambar motif di lekatkan ke dalam bak tinta.

Tinta yang di pakai di buat dari campuran tepung kalsit dan minyak sayur, setelah itu ceplokan di lekatkan dan di cetak di atas kain sebelum di bordir.

3). Memasang kain pada pemidangan (spanrang/opel), penggunaan pemidangan, spanrang atau opel berfungsi untuk meregangkan kain, agar permukaan kain menjadi rata dan licin, sehingga memudahkan pada saat membordir.

Siapkan pula kain bekas atau sering di sebut dengan istilah tambir untuk menyambung kain yang akan di bordir, terutama bila bagian yang akan di bordir adalah pada bagian ujung kain supaya mudah di pasang pada pemidangan.

4). Memilih, menentukan, memasang benang pada mesin bordir, benang adalah susunan seratserat yang teratur, secara umum pedoman penggunaan benang mengacu pada nomor yang ada pada bungkus benang, selain itu benang yang di gunakan hendaklah sesuai dengan serat bahan, ketebalan bahan serta jenis setikan (tusukan) yang di inginkan.

5). Memeriksa dan menggerakan mesin bordir, salah satu tahap penting memeriksa mesin bordir adalah memeriksa besar kecilnya jarum, karena akan mempengaruhi tebal tipisnya motif yang di buat, beberapa ukuran jarum dapat di gunakan untuk teknik bordir adalah di mulai dari jarum nomor 9 atau nomor 13.

Jarum ukuran kecil di gunakan agar dapat menghasilkan bordiran yang halus dan rapi, jika memakai jarum nomor 13 atau 14, maka bekas setiknya akan terlihat jelas, di samping itu terkadang serat bahan akan ikut terambil.

Baca :  Pengaplikasian Bordir Pada Kain Organdi

Sekoci mesin pada mesin bordir memiliki per kecil yang berfungsi untuk mengatur tarikan benang, sepul mesin bordir memiliki bentuk yang lebih tipis di banding dengan mesin jahit biasa.

Pengaturan jarak lebar tusukan juga harus di atur terlebih dahulu sesuai desain tusukan yang di inginkan, setelah semua di periksa dan dalam kondisi lancar dan prima, maka kita mulai bisa membordir dengan menggerakkan mesin dengan cara injakan kaki untuk pengaturan kecepatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru