oleh

Ragam Teknik Tenun

Teknik  Tenun

Tenun merupakan hasil karya berupa kain yang di buat dengan benang dan di masukkan ke dalam pakan pada alat yang di sebut lungsin dan tenun masih terbagi lagi menjadi songket, yang merupakan tenun dengan benang emas atau perak, kemudian ada ikat, dobel ikat dan pakan.

Nilai ke-Indonesia-an memang merupakan salah satu poin yang perlu di perhatikan oleh kain tenun saat ini, hal ini terkait beberapa pakem desain yang memang selayaknya tidak berubah saat di konstruksi.

Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang di buat dengan azas (prinsip) yang sederhana yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang, dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian.

Pembuatan kain tenun ini umum di lakukan di Indonesia, terutama di daerah Jawa dan Sumatera, biasanya produksi kain tenun di buat dalam skala rumah tangga, beberapa daerah yang terkenal dengan produksi kain tenunnya adalah Sumatera Barat, Palembang dan Jawa Barat.

Contoh Teknik Tenun

Di balik itu juga pemerintah berencana untuk meregulasikan ketentuan dalam meletakkan nama Indonesia bagi para label internasional yang memang bekerja sama degan pengrajin, seperti yang pernah di ungkapkan Menteri Perindustrian. Ada pun beberapa brand yang sempat membuat pamor tenun menjadi pembicaraan dunia mode seperti: Gucci, ETRO atau Dries Van Noten.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru