oleh

Tentang Tekstur Bahan Busana

Tekstur bahan busana

Tekstur atau permukaan bahan busana ikut berperan dalam penampilan suatu busana, baik desainnya maupun untuk si pemakainya, untuk mendapatkan keselarasan dalam memilih bahan busana terutama teksturnya, perlu mengetahui beberapa tekstur bahan yaitu :

a) Teksturnya licin atau berkilau dan kusam seperti satin.

b) Tekstur halus dan kasar.

c) Berbulu seperti beludru dan flanel.

d) Berbintik seperti cordoray.

e) Bergelombang seperti kain tibul, dari masing-masing tekstur tersebut memberi pengaruh yang berbedabeda terhadap penampilan suatu busana.

Tekstur bahan busana yang berkilau akan memberi kesan membesarkan permukaan bahan busana, sehingga ini tidak cocok untuk orang yang memiliki bentuk tubuh besar.

Bahan busana yang sering di gunakan untuk pembuatan busana pria pada umumnya memilih bahan busana yang memiliki tekstur berbintik untuk celana panjang, safari maupun jaket.

Pemilihan bahan untuk busana pria, selain hal-hal tersebut di atas, juga perlu di ingat akan kenyamanan pemakaian bahan tersebut. Perlu di sesuaikan cuaca dan temperatur udara, seperti di negara Indonesia yang merupakan daerah tropis memiliki cuaca panas bila berada di daerah pantai dan cuaca dingin seperti di daerah pegunungan atau ruangan ber AC.

Dalam pemilihan bahan busana, perlu di sesuaikan dengan daerah dan ruang misalnya bahan kapas, sutera, lenan dan rayon sangat cocok untuk cuaca panas, bahan wol lebih tepat di gunakan untuk malam hari.

Dalam memilih bahan busana perlu memperhatikan bahan busana ketika dalam proses penjahitannya, ketika bahan tersebut di pakai, ketika bahan tersebut di cuci maupun ketika bahan tersebut di setrika.

Pada proses penjahitan bahan tersebut apakah harus di pres, memakai kain pelapis, bahan bertiras, licin atau bergulung karena ini sangat mempengaruhi hasil busana.

Ketika bahan busana tersebut di pakai apakah mudah kusut, mudah terkena noda atau berkeringat atau mudah terbakar karena sangat mempengaruhi keawetan dari busana tersebut.

Bila bahan busana di cuci mudah luntur, berubah bentuk, susut atau jadi lemas, begitu pula bila bahan busana tersebut di setrika apakah menggunakan seterika dingin atau panas.

Komentar

Tinggalkan Balasan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru